Saturday 9 July 2016

Arti dan Maksud Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Tags

http://masjidngajum.blogspot.co.id/2016/07/arti-dan-maksud-bacaan-dua-kalimat.html
Arti dan Maksud Bacaan Dua Kalimat Syahadat
Arti dan Maksud Bacaan Dua Kalimat Syahadat. Pengertian Doa Kalimat Syahadat sendiri ialah Lafal doa atau Perkataan atau pengakuan yg diucapkan dg lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadikan diri orang Islam. Jika seseorang yang bukan islam atau orang yang mau masuk islam harus membaca Bacaan 2 Kalimat Syahadat terlebih dahulu, yang dibacakan dengan sungguh – sungguh serta mengerti apa yang diucapkanya.

Seorang dari agama selain islam yang akan masuk memeluk agama islam atau yang biasa kita sebut Mualaf wajib mengucapkan kalimat syahadat, karena 2 kalimat syahadat adalah syarat utama seseorang masuk agama islam. Kalimat syahadat ini diucapkan dengan bimbingan atau bantuan seorang ustadz. Untuk Seorang muslim memperkukuh dalam mengimani Islam Seorang muslim juga diperbolehkan mengucapkan kalimat syahadatain-nya.

Adapun jika orang yang mau masuk Islam tersebut tidak dapat mengucapkan dg lisan karena bisu atau uzur (Usia Tua) atau karena Ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman dan mereka itu seorang mukmin di hadapan Alloh maka mereka akan selamat kelak di hari kemudian (Akherat). Tetapi jika ada orang yang tidak mau mengucapkanBacaan Doa Syahadat tersebut maka mereka tetap menjadi seorang Kafir.

Sedangkan untuk Keutamaan Dua Kalimat Shayadat dan Manfaat Kalimat Syahadat sendiri sudah banyak sekali terdapat di bebarapa Firman Alloh Swt dan Hadist Nabi Muhammad Saw seperti, ” Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa Syirik dan mengampuni segala dosa yg selain dari Syirik itu bagi siapa yg dikehendakinya (Surat An Nisa Ayat 48)”. Adapun mengapa Syirik karena didalam Bacaan Kalimat Syahadat sendiri mempunyai arti untuk mempercayai Tuhan selain Alloh atau Tiada Tuhan selain Alloh.

Dalam Hadist Nabi Muhammad Saw tentang Keutaman dan Manfaat dua kalimat syahadat ini sendiri seperti, ” Barangsiapa yg akhir perkataanya sebelum meninggal dunia adalah ‘lailaha illallah’ maka dia kan masuk Surga (HR. Abu Daud) dan ” Kalimat Laa Ilaha Illallah (Syahadat) merupakan suatu kebaikan yg paling utama sehingga kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan (Abu Dzar Kalimatul Ikhlas Ayat 55)”."

Lafal Bacaan Dua Kalimat Syahadat :

ِأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهْ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ الله


Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah 

ِArtinya : Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.

Sedangkan untuk Pengertian Lafal Dua Kalimat Syahadat ialah,” Menyaksikan ke Esaan Alloh Swt (Kalimat Syahadat Tauhid) dan menyaksikan dan mengakui ke Rasulan Nabi Muhammad Saw (Kalimat Syahadat Rasul) ”.

Untuk itu jika terdapat seseorang yang akan masuk kedalam agama Islam maka harus mengucapakan Dua Kalimat Syahadat ini dan dibacakan atau diucapkan secara bersama – sama atau berturut – turut tidak boleh dipisahkan satu sama lain. Selain itu sesudah anda membaca Kalimat Syahadat ini anda sudah masuk kedalam Agama Islam dan harus mengerjakan atau melaksanakan semua Syarat dan Rukun yang ada didalam Agama Islam itu sendiri.

Referensi : rukun-islam.com


EmoticonEmoticon